PENGARUH ATRIBUT HOTEL SYARIAH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN HOTEL

Authors

  • Yohan Eko Prasetyo Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.55252/annawawi.v5i1.70

Keywords:

Atribut Hotel, Kepuasan Pelanggan, Uji Model Pengukuran, Uji Model Struktural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan menganalisis: efek atribut hotel Islam pada tingkat kepuasan pelanggan hotel. Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, menggunakan metode survei penjelasan. Studi ini melibatkan 140 responden sebagai sampel yang menggunakan teknik pengambilan sampel yang tidak disengaja (Convenience Sampling). Pengambilan sampel dilakukan selama periode penelitian dari 5-30 Juni 2021 yang dilakukan di Sofyan Menteng Hotel, Central Jakarta. Teknik pengumpulan data primer menggunakan instrumen kuesioner dan didukung oleh data sekunder dari dokumentasi. Hasil tes dari 5 indikator pendukung variabel kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa mereka yang memiliki nilai validitas tertinggi adalah faktor emosional, kualitas layanan, kualitas produk, dan untuk indikator pendukung yang memiliki nilai validitas terkecil adalah efisiensi dan harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut hotel Syariah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut hotel Syariah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan hotel.

Published

2025-09-08

Issue

Section

Articles

Categories

How to Cite

PENGARUH ATRIBUT HOTEL SYARIAH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN HOTEL. (2025). An Nawawi, 5(1), 29-42. https://doi.org/10.55252/annawawi.v5i1.70